Rabu, 21 Januari 2015
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Sepi Ing Pamrih
Rame Ing Gawe
Kutuliskan lagu ini
Kupersembahkan padamu
Walaupun tida indah
SairLagu yang kugubah
Kuingatkan kepadamu
Akan janjimu padaku
Hanyalah satu pintaku
Jangan kau lupakan itu
*Walau apa yang terjadi
Tabahkan hatimu selalu
Jangan sampai kau tergoda
Mulut manis yang berbisa
Setahun kita berpisah
Sewindu terasa sudah
Dubai gadis pujaanku
Cintaku hanya padamu
Disuatu senja dimusim yang lalu
Ketika itu hujan rintik
Terpukau aku menatap wajamu
Diremang cahaya pelangi
**Lalu engkau tersenyum
Kumenyesali diri
Tak tahu apakah arti senyumu
Dengan mengusap titik air mata
Kau bisikan deritamu
Tersentuh hati dalam keharuan
Setelah tau apa yang terjadi
Sekian lamanya engkau hidup seorang diri
Kuingin membalut luka hatimu
*Widuru, elok bagai rembulah oh sayang
Widuri, indah bagai lukisan .. oh sayang
Widuri, bukalah pintu hati untuku
Widuri, kuakan menyayangi
Kembali**
Sekian lama sudah kita telah berpisah
Kurasa kini engkau tak sendiri lagi
Akupun kini juga seperti dirimu
Satu hati telah mengisi hidupku
* Tak perlu engkau tau rasa rindu kini
Dan lagi mungkin engkau telah bahagia
Namun andai kau dengar sair lagu ini
Jujur saja aku sangat merindukanmu
Memang tak pantas menghayal
Tentang dirimu sebab kau tak lagi
Seperti yang dulu
Kendati berat rasa rinduku padamu
Biar kan kuhadang rinduku terlarang
**Biar kusimpan saja
Biar kupendam saja
Terlarang sudah rinduku padamu
Kembali*
Kupusisikan rindu dihatiku
Kuharap tiada seorangpun tau
Bulan sabit yang jatuh dipelataran
Bintang redup tanpa cahaya gemintang
Langkah tanpa sesat dijalan yang terang
Aku yang terlena dibuahi pelukan dosa
*Ingin pulang membalut luka hatimu
Kupun tau betapa perih batinmu
Beri kesempatan atau jatuhkan hukuman
Andai maafpun takkan kau berikan
Air mata tulus jatuh disudut bibirmu
Tak terlintas dendam dibening mata indahmu
Aku yang merasa sangat berdosa padamu
Masih pantaskah mendampingimu
Biarlah bulan bicara sendiri
Biarlah bintang kan menjadi saksi
Takkan kuulangi walau sampai akhir nanti
Cukup derita sampai disini
Cinta kini kau datang jua
Melanda dua insan Dirimu diriku
Cinta sungguh indah citramu
Dunia terasa bila kau tiada
* Hati-hati cinta juga bisa membawa duka
Batas lingkaran yang bisa membawa suka
Demi dikau yang kusayang
Demi kasih yang kudamba selalu
sayang
Tiada seindah kharismanya
Pabila kau tau cinta itu suci
Kembali *
Walaupun terlalu indah bila dilukiskan
Dengan kata untukujadikan sair
Tetapi terlalu pahit untuk dikenang
Kenanganku yang pernah kualami bersamamu
Jangan kau harapkan kuakan mencari gantimu
Kini ku pergi mencari diriku sendiri
*Mengapa waktu itu kita harus berjumpa
Oh mengapa kini harus berpisah lagi
Jangan kau harapkan
Kuakan mencari gantimu
Kini ku pergi mencari diriku sendiri
Kan kucari jalan yang sunyi
Untuk menghindar darimu
Kuberjanji didalam hati
Tak lagi kumencintaimu
Ditengahnya kabut bermandi embun pagi
Dingin membuat hatiku membeku
Reff
Kau ..Yang telah membuat luka dihatiku
Kau ..Yang telah membuat janji-janji palsu
Kau yang selama ini aku sayangi
Kau merubah cintaku jadi benci
Ditengahnya kabut bermandi embu pagi
Dingin membuat hatiku membeku
Janganlah kau berkata benci
Walaupun hatimu tak sudi
Biarkanlah anganku
Ikut bayang2 mu kemana saja
*Mana pernah ku tahu jatuh cinta padamu
Didalam hati ini sayang hanya namamu
Bila hatimu tak sayang padaku
Jangan katakan
Bila hatimu tak sudi
Oh sayang janganlah benci
Didalam hati ini
Sayang hanya wajahmu
Berhembus angin malam mencekam
Menghempas membelai wajah ayu
Itulah kenagan yang terakhir denganmu
Kudekati dirimu kau diam
Tersungging senyuman dibibirmu
Itulah senyuman yang terakhir darimu
*Diiringi gemuruh angin
Meniup daun-daun
Alam yang jadi saksi
Kau serahkan jiwa raga
Angin tetap berhembus tak henti
Walaupun sampai hayatku
Tapi tak lagi kau berada disisiku
Kembali *
Disuatu senja dimusim yang lalu
Ketika itu hujan rintik
Terpukau aku menatap wajamu
Diremang cahaya pelangi
Lalu engkau tersenyum
Kumenyesali diri
Tak tahu apakah arti senyumu
Dengan mengusap titik air mata
Kau bisikan deritamu
Tersentuh hati dalam keharuan
Setelah tau apa yang terjadi
Sekian lamanya engkau hidup seorang diri
Kuingin membalut luka hatimu
*Widuru, elok bagai rembulah oh sayang
Widuri, indah bagai lukisan .. oh sayang
Widuri, bukalah pintu hati untuku
Widuri, kuakan menyayangi
Sekian lamanya engkau hidup seorang diri
Kuingin membalut luka hatimu
Kembali *
14. BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/KEAGAMAAN)
NO. | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | INDIKATOR |
1. | Membaca Memahami secara kritis berbagai jenis wacana tulis teks nonsastra berbentuk grafik, tabel, artikel, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, berbagai jenis paragraf (naratif, deskripsif, argumentatif, persuasif, dan eksposisi), serta teks sastra berbentuk puisi, hikayat, cerpen, drama, novel, biografi, karya sastra berbagai angkatan, dan sastra Melayu Klasik. | Menentukan unsur-unsur paragraf suatu artikel. |
Menentukan isi paragraf biografi. | ||
Menentukan isi paragraf, simpulan paragraf, dan arti istilah/kata dalam paragraf. | ||
Menentukan opini dalam tajuk rencana. | ||
Menentukan isi dan simpulan grafik, diagram, atau tabel. | ||
Menentukan unsur intrinsik dan isi hikayat sastra Melayu Klasik. | ||
Menentukan unsur intrinsik cerpen/novel. | ||
Menentukan masalah dan amanat dalam drama. | ||
Menentukan maksud gurindam. | ||
Menentukan unsur intrinsik puisi. | ||
Menentukan isi kutipan esai. | ||
2. | Menulis Menulis, menyunting dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi, argumentatif, teks pidato, artikel/esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan bebagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa | Melengkapi paragraf dengan kata penghubung. |
Menentukan kata serapan untuk melengkapi paragraf. | ||
Melengkapi paragraf dengan kata baku. | ||
Melengkapi paragraf dengan kata berimbuhan. | ||
Melengkapi paragraf dengan kalimat deskripsi. | ||
Melengkapi paragraf deskripsi dengan frasa. | ||
Melengkapi paragaf analogi dengan simpulan. | ||
Menentukan simpulan generalisasi. | ||
Melengkapi paragraf sebab-akibat. | ||
Melengkapi silogisme dengan kalimat yang tepat. | ||
Melengkapi paragraf narasi. | ||
Menyusun paragraf padu. | ||
Melengkapi teks pidato dengan kalimat persuasif. | ||
Menentukan kalimat dalam latar belakang karya tulis. | ||
Memperbaiki struktur kalimat yang salah. | ||
Menentukan kalimat yang tepat dalam karya tulis. | ||
Menentukan penulisan judul karya tulis yang tepat. | ||
Menentukan kalimat yang sesuai dengan konteks surat (isi dan bagian/struktur) dan penulisan surat lamaran pekerjaan. | ||
Menentukan kalimat resensi dan alasannya. | ||
Melengkapi puisi dengan larik yang bermajas. | ||
Melengkapi dialog teks drama. | ||
Menentukan kalimat kritik sastra. | ||
Menyusun kalimat dalam surat resmi (surat undangan). | ||
Melengkapi paragraf dengan peribahasa. | ||
Melengkapi paragraf esai sastra. |
16. BAHASA INGGRIS SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)
NO. | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | INDIKATOR |
1. | Mendengarkan Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, explanation, discussion, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari. | Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat dari percakapan lisan interpersonal/transaksional yang diperdengarkan. |
Merespon /melengkapi dengan ungkapan rasa tak percaya/puas/tidak puas/menyatakan/meminta pendapat/berjanji/ungkapan harapan dari percakapan lisan interpersonal/transaksional yang diperdengarkan. | ||
Menentukan gambar yang sesuai dengan percakapan dari percakapan lisan interpersonal/transaksional yang diperdengarkan. | ||
Menentukan gambar yang sesuai dengan teks dari teks monolog yang diperdengarkan. | ||
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat dari teks monolog yang diperdengarkan. | ||
2. | Membaca Memahami makna dalam wacana tertulis secara formal maupun informal dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, explanation, discussion, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari. | Menentukan gambaran umum/rujukan kata/ makna kata dalam teks dari sebuah teks fungsional pendek berupa message yang disajikan . |
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat dalam sebuah teks dari teks fungsional pendek berupa announcement yang disajikan. | ||
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/makna kata dalam sebuah teks dari teks fungsional pendek berbentuk advertisement/brochure yang disajikan. | ||
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu, informasi rinci tersurat/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk news item yang disajikan. | ||
Menentukan informasi tertentu/pikiran utama paragraf/informasi tersirat/makna kata/frasa dari dalam teks berbentuk recount yang disajikan. | ||
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/tujuan komunikatif/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk explanation yang disajikan. | ||
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/pikiran utama paragraf/informasi rinci tersurat/tersirat/makna kata/frasa dari dalam teks berbentuk analytical hortatory/ exposition yang disajikan. | ||
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk discussion yang disajikan. | ||
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk review yang disajikan. |
22. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO. | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | INDIKATOR |
1. | Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk serta menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah. | Menentukan pernyataan yang diperoleh dari penarikan kesimpulan dari dua premis yang diberikan. |
2. | Memahami masalah yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, sistem persamaan linear, program linear, matriks, vektor, transformasi geometri, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. | Menggunakan aturan pangkat dan akar untuk menyederhanakan bentuk aljabar. |
Menyelesaikan persamaan logaritma. | ||
Menggunakan diskriminan untuk menyelesaikan masalah persamaan atau fungsi kuadrat. | ||
Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat untuk menentukan unsur yang belum diketahui dari persamaan kuadrat. | ||
Menentukan persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya berelasi linear dengan akar-akar persamaan kuadrat yang diketahui. | ||
Menentukan persamaan garis singgung lingkaran. | ||
Menentukan komposisi dua fungsi atau fungsi invers. | ||
Menggunakan aturan teorema sisa atau teorema faktor. | ||
Menyelesaikan masalah sistem persamaan linear. | ||
Menyelesaikan masalah program linear. | ||
Menyelesaikan operasi matriks. | ||
Menentukan sudut antara dua vektor. | ||
Menentukan panjang proyeksi atau vektor proyeksi. | ||
Menentukan bayangan titik atau garis karena dua transformasi. | ||
Menentukan fungsi invers dari fungsi eksponen atau logaritma. | ||
Menentukan suku ke-n dari deret aritmetika. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmetika atau geometri. | ||
3. | Memahami sifat dan atau geometri dalam menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang, jarak dan sudut. | Menghitung jarak dan sudut antara dua objek (titik, garis dan bidang) di ruang. |
4. | Memahami konsep perbandingan fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri, melakukan manipulasi aljabar untuk menyusun bukti serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. | Menggunakan aturan sinus atau kosinus untuk menghitung unsur pada segi banyak. |
Menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan aturan sinus dan kosinus. | ||
Menyelesaikan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri. | ||
Menghitung nilai perbandingan trigonometri dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih dua sudut serta jumlah dan selisih sinus, kosinus dan tangen. | ||
5. | Memahami konsep limit, turunan dan integral dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. | Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri. |
Menentukan penyelesaian dari soal aplikasi turunan fungsi. | ||
Menghitung integral tak tentu dan integral tertentu fungsi aljabar dan fungsi trigonometri. | ||
Menghitung luas daerah dan volume benda putar dengan menggunakan integral. | ||
6. | Mengolah, menyajikan dan menafsirkan data, memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kajadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. | Menghitung ukuran pemusatan dari suatu data dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik. |
Menggunakan kaidah pencacahan, permutasi atau kombinasi untuk menyelesaikan masalah yang terkait. | ||
Menghitung peluang suatu kejadian. |
23. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPS/KEAGAMAAN)
NO. | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | INDIKATOR |
1. | Memahami pernyataan dan ingkarannya, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk, serta menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan. | Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan majemuk |
Menentukan ingkaran suatu pernyataan majemuk. | ||
Menentukan kesimpulan dari beberapa premis. | ||
2. | Memahami konsep yang berkaitan dengan atura pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, sistem persamaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. | Menyederhanakan hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan logaritma. |
Menentukan unsur-unsur grafik fungsi kuadrat. | ||
Menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat. | ||
Menentukan fungsi invers dari fungsi sederhana. | ||
Menentukan hasil operasi aljabar akar-akar persamaan kuadrat. | ||
Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat. | ||
Menentukan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel. | ||
Menentukan nilai optimum fungsi obyektif dari daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear. | ||
Merancang atau menyelesaikan model matematika dari masalah program linear. | ||
Menyelesaikan masalah matriks yang berkaitan dengan kesamaan, determinan, atau invers matriks. | ||
Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku pertama deret aritmetika. | ||
Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku pertama deret geometri. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika. | ||
3. | Memahami limit dan turunan dari fungsi aljabar serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. | Menghitung nilai limit fungsi aljabar. |
Menentukan turunan fungsi aljabar. | ||
Menentukan aplikasi turunan fungsi aljabar. | ||
4. | Mengolah, menyajikan, menafsirkan data, dan memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi. |
Menentukan frekuensi harapan suatu kejadian. | ||
Menentukan peluang suatu kejadian. | ||
Membaca data pada diagram lingkaran atau batang. | ||
Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data kelompok dalam bentuk tabel atau diagram. | ||
Menentukan ukuran penyebaran data tunggal. |
25. FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO. | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | INDIKATOR |
1. | Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti dan obyektif. | Membaca pengukuran salah satu besaran dengan menggunakan alat ukur tertentu. |
Menentukan besaran skalar dan vektor serta menjumlah /mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara. | ||
2. | Memahami gejala alam dan keberaturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, kekekalan energi, elastisitas, impuls, dan momentum. | Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola. |
Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Menentukan hubungan besaran-besaran fisis yang terkait dengan gaya gravitasi. | ||
Menentukan letak titik berat dari berbagai benda homogen. | ||
Menganalisis hubungan besaran-besaran yang terkait dengan gerak rotasi. | ||
Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan usaha dan perubahan energi. | ||
Menjelaskan sifat elastisitas benda atau penerapan konsep elastisitas dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik. | ||
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan impuls, momentum, atau hukum kekekalan momentum. | ||
3. | Memahami prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor. | Menjelaskan proses perpindahan kalor atau penerapan azas Black dalam kehidupan sehari-hari. |
Mendeskripsikan azas Bernoulli dalam fluida dan penerapannya. | ||
Menentukan variabel-variabel pada persamaan umum gas ideal. | ||
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas. | ||
Menentukan berbagai besaran fisis dalam proses termodinamika pada mesin kalor. | ||
4. | Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. | Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan pengamatan menggunakan mikroskop atau teropong. |
Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaatnya atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Menentukan besaran-besaran tertentu dari gelombang berjalan. | ||
Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan peristiwa interferensi atau difraksi cahaya. | ||
Membandingkan intensitas atau taraf intensitas dari beberapa sumber bunyi yang identik. | ||
Menentukan besaran-besaran tertentu yang menimbulkan efek Doppler atau menentukan perubahan akibat efek Doppler tersebut. | ||
5. | Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk teknologi. | Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum Coulomb atau medan listrik. |
Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan atau tegangan listrik. | ||
Menggunakan hukum Ohm dan hukum Kirchoff untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam rangkaian tertutup. | ||
Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan medan magnet induksi di sekitar kawat berarus. | ||
Menjelaskan timbulnya gaya magnet (gaya Lorentz) atau menentukan besaran-besaran yang mempengaruhinya. | ||
Menjelaskan kaitan besaran-besaran fisis pada peristiwa induksi Faraday. | ||
Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus listrik bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor. | ||
6. | Memahami konsep dan prinsip relativitas, teori atom, dan radioaktivitas serta penerapannya. | Membedakan teori-teori atom. |
Menganalisis teori relativitas dan besaran-besaran yang terkait. | ||
Menjelaskan teori kuantum Planck dan kaitannya dengan radiasi benda hitam. | ||
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom. | ||
Menentukan jenis-jenis zat radioaktif atau mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan. |
26. KIMIA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO. | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | INDIKATOR |
1. | Menganalisis struktur atom, sistem periodik unsur dan ikatan kimia untuk menentukan sifat-sifat molekul, unsur dan senyawa. | Menentukan unsur dan kaitannya dengan struktur atom, konfigurasi elektron dan letaknya dalam tabel periodik. |
Menganalisis jenis ikatan kimia atau gaya antar molekul. | ||
2. | Menerapkan hukum-hukum dasar kimia untuk memecahkan masalah dalam perhitungan kimia. | Menyelesaikan perhitungan kimia berdasarkan hukum-hukum dasar kimia. |
Mendeskripsikan persamaan reaksi kimia anorganik. | ||
3. | Menganalisis sifat-sifat larutan, metode pengukuran dan terapannya. | Menganalisis sifat elektrolit/non elektrolit berdasarkan daya hantar listriknya. |
Mendeskripsikan konsep pH larutan. | ||
Menentukan hasil titrasi asam basa. | ||
Mendeskripsikan sifat larutan penyangga. | ||
Mendeskripsikan hidrolisis garam dan Ksp. | ||
Mendeskripsikan sifat-sifat koligatif larutan. | ||
Mendeskripsikan sistem dan sifat koloid serta penerapannya. | ||
4. | Mendeskripsikan senyawa organik, gugus fungsi dan reaksinya, benzena, dan turunannya, dan makromolekul. | Mendeskripsikan senyawa karbon termasuk identifikasi dan kegunaannya. |
Mendeskripsikan benzena dan turunannya serta kegunaannya. | ||
Mendeskripsikan makromolekul termasuk identifikasi dan kegunaannya. | ||
5. | Memahami perubahan energi, cara pengukuran dan penerapannya. | Menganalisis proses eksoterm/endoterm pada termokimia. |
Menentukan kalor reaksi. | ||
6. | Memahami kinetika reaksi, keseimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri. | Menentukan laju reaksi. |
Mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi laju reaksi dan kesetimbangan kimia. | ||
Menentukan Kc dan atau Kp. | ||
7. | Memahami reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | Mendeskripsikan reaksi reduksi-oksidasi. |
Mendeskripsikan komponen, notasi, proses, reaksi dan potensial sel elektrokimia. | ||
Mengaplikasikan hukum faraday dalam perhitungan kimia. | ||
Mendeskripsikan fenomena korosi. | ||
8. | Mendeskripsikan unsur-unsur penting yang terdapat di alam, pembuatan dan kegunaannya. | Mendeskripsikan mineral suatu unsur |
Mendeskripsikan sifat suatu unsur tertentu. | ||
Mendeskripsikan cara memperoleh unsur dan kegunaannya |
27. BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO. | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | INDIKATOR |
1. | Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati, prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan. | Mendeskripsikan jenis-jenis keanekaragaman hayati (tingkat gen, sel, jenis, dan ekosistem). |
Mendeskripsikan klasifikasi organisme makhluk hidup. | ||
Mendeskripsikan peranan sumber daya alam (hewan/tumbuhan) bagi kehidupan. | ||
2. | Menjelaskan ciri-ciri Virus, kingdom Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi kehidupan. | Mengidentifikasi Virus dan Protista. |
Mendeskripsikan peran monera dan fungi bagi kehidupan. | ||
3. | Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta peranannya bagi kehidupan. | Mengidentifikasi daur hidup tumbuhan lumut dan tumbuhan paku. |
Mendeskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan berbiji. | ||
Mendeskripsikan daur hidup Invertebrata. | ||
Mengidentifikasi ciri-ciri hewan vertebrata. | ||
4. | Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan keseimbangan lingkungan dan pelestariannya. | Mendeskripsikan komponen ekosistem dan perannya bagi kehidupan di sekitarnya. |
Mendeskripsikan proses yang terjadi pada daur biogeokimia. | ||
Mendeskripsikan konsep keseimbangan lingkungan dan pelestariannya. | ||
5. | Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia. | Mendeskripsikan struktur sel dan proses yang terjadi pada sel tersebut. |
Mengidentifikasi organel sel tumbuhan/hewan beserta fungsinya. | ||
Mengidentifikasi organ pada tumbuhan beserta fungsinya. | ||
6. | Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi. | Mendeskripsikan sistem gerak otot dan tulang pada manusia. |
Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia serta gangguannya. | ||
Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia serta gangguannya. | ||
Mendeskripsikan sistem pernafasan pada manusia serta gangguannya. | ||
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia serta gangguannya. | ||
Mendeskripsikan sistem regulasi pada manusia dan identifikasi gangguannya. | ||
Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia dan identifikasi gangguannya. | ||
7. | Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan. | Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. |
8. | Menjelaskan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme. | Mendeskripsikan jenis-jenis enzim, cara kerja, dan fungsinya dalam metabolisme tubuh. |
Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat dan pembentukan energi). | ||
Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya. | ||
Mendeskripsikan proses respirasi anaerob beserta contohnya. | ||
9. | Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi. | Mendeskripsikan susunan nukleotida (DNA, RNA dan kromosom) yang merupakan konsep dasar hereditas. |
Menjabarkan tahapan sintesis protein. | ||
Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan. | ||
Mendeskripsikan hasil persilangan monohibrida dan dihibrida. | ||
Mendeskripsikan hasil persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel. | ||
Menginterpretasi pola hereditas pada manusia. | ||
Mendeskripsikan peristiwa mutasi beserta contoh-contohnya. | ||
10. | Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains. | Mendeskripsikan prinsip teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya. |
Mendeskripsikan fakta-fakta yang mendukung teori evolusi. | ||
Menjabarkan fenomena evolusi dan hubungannya dengan kesetimbangan populasi. | ||
11. | Menjelaskan prinsip, peran dan implikasi Bioteknologi pada masyarakat dan lingkungan. | Mengidentifikasi contoh bioteknologi konvensional dan modern. |
Mendeskripsikan peran bioteknologi. | ||
Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan. |
28. EKONOMI SMA/MA (PROGRAM IPS)
NO. | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | INDIKATOR |
1. | Memahami permasalahan ekonomi, kelangkaan dan sistem ekonomi, konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen, permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar. | Mendeskripsikan kelangkaan dan masalah pokok ekonomi. |
Mengidentifikasi peran konsumen atau peran produsen dalam perekonomian Indonesia. | ||
Mengidentifikasi, ciri-ciri, kelemahan, atau kelebihan sistem ekonomi. | ||
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta menentukan harga keseimbangan dengan tabel, kurva, dan perhitungan matematik. | ||
Mengidentifikasi ciri, fungsi pasar, atau bentuk pasar (pasar barang dan pasar faktor produksi). | ||
2. | Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, Produk Domestik Bruto (PDB), Pendapatan Nasional (PN), inflasi, konsumsi, uang dan perbankan. | Mendeskripsikan kebijakan fiskal atau kebijakan moneter yang dilakukan pemerintah. |
Mendeskripsikan konsep PDB, PDB harga berlaku, PDB harga konstan, dan pendapatan nasional. | ||
Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi serta perhitungannya. | ||
Mengidentifikasi fungsi tabungan dan fungsi konsumsi (dengan grafik, tabel serta perhitungannya). | ||
Mendeskripsikan uang dan bank. | ||
3. | Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi, APBN dan APBD, perekonomian terbuka, serta mengenal pasar modal. | Mendeskripsikan ketenagakerjaan, pembangunan ekonomi, dan pertumbuhan ekonomi serta indikatornya. |
Mendeskripsikan konsep, tujuan, dan fungsi APBN atau APBD, dan sumber-sumber pembiayaannya. | ||
Menghitung pajak (PPh atau PBB). | ||
Mendeskripsikan perdagangan internasional, neraca pembayaran atau kebijakan perdagangan internasional. | ||
Mendeskripsikan valuta asing dan pasar modal serta perhitungannya. | ||
4. | Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa. | Mencatat transaksi keuangan ke dalam persamaan akuntansi. |
Mencatat transaksi perusahaan jasa dalam jurnal atau buku besar. | ||
Membuat jurnal penyesuaian atau kertas kerja. | ||
Mendeskripsikan laporan keuangan dan perhitungannya (laba/rugi atau perubahan modal). | ||
5. | Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang dan penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang. | Membuat jurnal khusus, buku besar utama atau buku besar pembantu berdasarkan data, transaksi, dan jurnal. |
Membuat jurnal penyesuaian atau kertas kerja berdasarkan data, transaksi, dan jurnal. | ||
Mendeskripsikan laporan keuangan dan perhitungannya (laba/rugi atau perubahan modal), serta membuat jurnal penutup. | ||
6. | Memahami manajemen, badan usaha dalam perekonomian nasional, pengelolaan koperasi, dan kewirausahaan. | Mendeskripsikan fungsi, unsur, atau tingkatan manajemen. |
Mendeskripsikan bentuk, ciri-ciri, atau perbedaan bentuk badan usaha. | ||
Mendeskripsikan koperasi atau koperasi sekolah. | ||
Mengindentifikasi peran, jiwa, ciri-ciri atau tahapan yang dilalui wirausaha yang berhasil. |
29. SOSIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPS)
NO. | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | INDIKATOR |
1. | Mendeskripsikan interaksi sosial sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. | Mendeskripsikan terjadinya interaksi sosial. |
Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial. | ||
Mendeskripsikan nilai sosial. | ||
Mendeskripsikan norma sosial. | ||
Mengidentifikasi jenis-jenis norma sosial. | ||
2. | Menjelaskan proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian. | Mendeskripsikan fungsi/tujuan/bentuk sosialisasi. |
Mengidentifikasi media sosialisasi. | ||
Mendeskripsikan fungsi berbagai media sosialisasi. | ||
3. | Mendeskripsikan berbagai perilaku menyimpang dan pengendalian sosial dalam masyarakat. | Mengidentifikasi perilaku menyimpang. |
Mendeskripsikan proses terjadinya perilaku menyimpang. | ||
Mengidentifikasi berbagai jenis lembaga pengendalian sosial. | ||
4. | Mendeskripsikan bentuk struktur sosial, konflik sosial, dan mobilitas sosial. | Mendeskripsikan struktur sosial. |
Mengidentifikasi bentuk-bentuk struktur sosial. | ||
Mengidentifikasi berbagai jenis konflik sosial. | ||
Mendeskripsikan cara mengatasi konflik sosial. | ||
Mendeskripsikan struktur sosial masyarakat majemuk. | ||
Mendeskripsikan pengaruh struktur sosial terhadap integrasi sosial. | ||
Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial. | ||
Mengidentifikasi bentuk mobilitas sosial. | ||
5. | Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural. | Mendeskripsikan terbentuknya berbagai kelompok sosial. |
Mendeskripsikan terjadinya kemajemukan sosial dalam masyarakat. | ||
Menjelaskan dampak kemajemukan sosial dalam masyarakat. | ||
Menjelaskan primordialisme dalam masyarakat multikultural. | ||
6. | Menganalisis proses perubahan sosial pada masyarakat dan dampaknya. | Mengidentifikasi jenis-jenis perubahan sosial. |
Mendeskripsikan penyebab perubahan sosial. | ||
Menjelaskan dampak dari perubahan sosial. | ||
7. | Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial. | Mendeskripsikan hakikat lembaga sosial. |
Mengidentifikasi ciri-ciri lembaga sosial. | ||
Mendeskripsikan fungsi berbagai lembaga sosial dalam masyarakat. | ||
8. | Menganalisis penelitian sosial sederhana. | Mendeskripsikan rancangan penelitian sosial. |
Mengidentifikasi jenis-jenis penelitian sosial. | ||
Mengidentifikasikan teknik sampling/pengumpulan data. | ||
Menjelaskan prosedur pengolahan data dalam penelitian sosial. | ||
Menginterpretasikan/menyimpulkan hasil penelitian. | ||
Menjelaskan fungsi laporan. |
30. GEOGRAFI SMA/MA (PROGRAM IPS)
NO | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | INDIKATOR |
1. | Mendeskripsikan hakikat, objek, ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek dan pendekatan geografi. | Menentukan penggunaan prinsip dan konsep dasar geografi dalam rangka pengkajian geosfer di muka bumi. |
Menentukan aspek dan pendekatan geografi dalam rangka pengkajian geosfer di muka bumi. | ||
2. | Menganalisis sejarah pembentukan bumi, tata surya, dan jagad raya. | Mengidentifikasi proses dan bukti-bukti pembentukan bumi. |
Mendeskripsikan proses pembentukan tata surya. | ||
Menganalisis proses pembentukan jagad raya. | ||
Mengidentifikasi tata surya dan jagad raya. | ||
3. | Menganalisis dinamika unsur-unsur geosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia. | Menganalisis fenomena yang terjadi di lithosfer dan kaitannya dengan kehidupan manusia. |
Menganalisis fenomena yang terjadi di pedosfer dan kaitannya dengan kehidupan manusia. | ||
Menganalisis fenomena yang terjadi di atmosfer dan kaitannya dengan kehidupan manusia. | ||
Menganalisis fenomena yang terjadi di hidrosfer dan kaitannya dengan kehidupan manusia. | ||
Mendeskripsikan keanekaragaman flora dan fauna di muka bumi sebagai potensi pendukung kehidupan. | ||
Mendeskripsikan fenomena/permasalahan kependudukan. | ||
4. | Menganalisis sumber daya alam serta kaitannya dengan kehidupan manusia. | Mengidentifikasi sumber daya alam yang berhubungan dengan aspek geografi. |
Mendeskripsikan pemanfaatan sumber daya alam untuk mendukung kegiatan ekonomi penduduk. | ||
5. | Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup. | Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup. |
Mengkaji lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. | ||
Mendeskripsikan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan. | ||
6. | Menganalisis keterampilan dasar peta/pemetaan dalam memahami fenomena geosfer. | Menerapkan keterampilan dasar pemetaan pada pembuatan peta. |
Menganalisis penggunaan peta untuk penentuan lokasi kegiatan ekonomi penduduk. | ||
7. | Menganalisis pemanfaatan citra penginderaan jauh dan SIG sebagai media informasi fenomena geosfer. | Menginterpretasi pemanfaatan Penginderaan Jauh sebagai sumber informasi fenomena geosfer. |
Mendeksripsikan Sistem Informasi Geografi sebagai media informasi fenomena geosfer. | ||
8. | Menganalisis wilayah dan pewilayahan di dunia. | Mendeskripsikan pola keruangan dan interaksi desa-desa/desa-kota/kota-kota. |
Membedakan pola keruangan dan interaksi desa-desa/ desa-kota/kota-kota. | ||
Menganalisis karakteristik wilayah dan pewilayahan dalam pembangunan. | ||
Mendeskripsikan karakteristik negara berkembang dan negara maju. |
Penentuan masa subur bisa dilakukan setiap bulan berdasarkan siklus menstruasi.
Mengetahui masa subur sangat penting bagi wanita yang tengah merencanakan kehamilan. Namun, banyak wanita bingung mencari tahu masa suburnya. Apalagi bagi wanita yang memiliki peride menstruasi yang tidak teratur.
Seperti dikutip dari laman Good To Know, ada panduan yang cukup mudah diikuti untuk mengetahui masa subur seorang wanita. Penentuan masa subur dilakukan berdasarkan siklus menstruasi setiap bulan.
Mayoritas wanita memiliki siklus menstruasi 28 hari. Namun, faktor lingkungan seringkali membuat siklus menstruasi bisa berubah dengan kisaran 22 sampai 36 hari. Siklus dihitung dari hari pertama menstruasi sampai hari terakhir sebelum menstruasi di bulan berikutnya.
Siklus mentruasi mempengaruhi masa subur. Semakin cepat siklus menstruasinya, semakin cepat pula ia mengalami ovulasi, yang mempengaruhi masa subur.
Simak tabel berikut:
Siklus menstruasi | Ovulasi | Masa subur |
22 | Hari ke-8 | Hari ke-7 sampai 9 |
23 | Hari ke-9 | Hari ke-8 sampai 10 |
24 | Hari ke-10 | Hari ke-9 sampai 11 |
25 | Hari ke-11 | Hari ke-10 sampai 12 |
26 | Hari ke-12 | Hari ke-11 sampai 13 |
27 | Hari ke-13 | Hari ke-12 sampai 14 |
28 | Hari ke-14 | Hari ke-13 sampai 15 |
29 | Hari ke-15 | Hari ke-14 sampai 16 |
30 | Hari ke-16 | Hari ke-15 sampai 17 |
31 | Hari ke-17 | Hari ke-16 sampai 18 |
32 | Hari ke-18 | Hari ke-17 sampai 19 |
33 | Hari ke-19 | Hari ke-18 sampai 20 |
34 | Hari ke-20 | Hari ke-19 sampai 21 |
35 | Hari ke-21 | Hari ke-20 sampai 22 |
36 | Hari ke-22 | Hari ke-21 sampai 23 |
Sebagai gambaran, mari kita simulasikan penghitungan masa subur:
Awal menstruasi bulan lalu: 1 Januari
Awal menstruasi bulan ini: 3 Februari
Siklus menstruasi: 33 hari
Ovulasi: 22 Februari (19 hari sejak awal menstruasi bulan ini)
Masa subur: 21-23 Februari (sehari sebelum hingga sehari setelah ovulasi)
Masa subur berlangsung sekitar tiga hari. Tapi, bukan berarti di luar masa itu, wanita tidak mungkin hamil. Masa subur adalah waktu terbaik untuk terjadinya pembuahan. Jadi, di luar masa subur tidak menutup kemungkinan wanita hamil. Apalagi dalam kondisi prima, sperma pria sanggup bertahan selama tujuh hari di rahim wanita.
• VIVAnews
Banyak ahli yang mengatakan bahwa percaya diri adalah modal yang sangat penting untuk meraih kesuksesan. Ini juga yang akan menjadi pembeda antara pemenang dan pecundang.
Percaya diri merupakan sikap positif seseorang yang mampu mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan dan situasi yang dihadapinya. Bukan berarti ia adalah mampu dalam segala hal.
Ia tetaplah manusia dengan segala keterbatasannya, namun pada saat yang sama ia merasa memiliki kompetensi, yakin, mampu dan percaya bahwa dia bisa melakukannya. Hal ini semata-mata didukung oleh pengalaman, potensi aktual, prestasi serta harapan yang realistis terhadap diri sendiri.
Ingat, setiap orang itu berbeda, dengan keistimewaannya masing-masing. Kesadaran akan hal ini akan membantu Anda untuk mengungkap keistimewaan yang Anda miliki. Hal ini akan mendorong Anda untuk bangkit dan bergerak dengan percaya diri, merumuskan cita-cita hidup dan mendukung tercapainya cita-cita tersebut.
Berhentilah menjadi orang minder, yang seringkali cepat menyerah, tersiksa atas kesuksesan orang lain, kehilangan percaya diri, sensitif, hingga tidak memiliki selera humor sama sekali.
Jika Anda masih merasa kurang dalam beberapa sisi, jangan memposisikan diri dalam posisi bertahan dan lari dari kenyataan. Ini semua bukanlah solusi. Anda akan tetap saja seperti ini, tanpa ada kemajuan yang berarti.
Nah, jika Anda ingin menumbuhkan rasa percaya diri yang proporsional, maka mulailah dari dalam diri Anda sendiri. Hanya Anda sendirilah yang bisa mengubah diri Anda, bukan orang lain. Saran saya, cobalah mengikuti beberapa langkah berikut :
Jujur Menilai Diri Sendiri
Ingatlah riwayat keberhasilan, potensi diri, maupun keahlian yang menjadi kelebihan diri Anda. Temukan dan kembangkan potensi yang masih terpendam. Tanyakan pada orang-orang terdekat atau mendatangi psikiater untuk menggali potensi diri
Tetapkan tujuan yang realistis
Dengan demikian, Anda akan mudah dalam mencapainya. Percaya diri dalam melangkah, bertindak dan memutuskan segalanya, sekaligus memperkecil resiko yang tidak ditimbulkan.
Beri penghargaan sekecil apapun
Jangan pernah meremehkan kemajuan yang Anda peroleh sekecil apapun Apalagi justu terus mengingat kesalahan yang telah Anda lakukan, yang hanya membuat Anda merasa tidak berguna.
Ikuti saran positif dan tolak saran negatif
Tidak selamanya saran orang lain harus Anda ikuti. Tidak setiap orang memberikan support dan bersikap positif. Jangan sampai hal itu melunturkan rasa percaya diri Anda.
Positif thinking
Cobalah untuk senantiasa berpikir logis dan rasional, terhadap diri Anda, orang lain, lingkungan dan setiap situasi yang Anda hadapi. Camkan bahwa tidak ada manusia yang sempurna dan sangat rentan untuk melakukan kesalahan.
Gunakan self-affirmation
Jika Anda masing sering menyatakan, Saya tidak bisa, maka ubahlah menjadi, Saya pasti bisa!. Ini penting untuk terus mengasah percaya diri Anda.
Berani mengambil resiko
Cobalah untuk berusaha dan berbuat secara nyata. Tanamkan pada diri Anda: No Risk, No Gain.
Berani menerima tanggung jawab
Tanggung jawab mampu mendorong Anda untuk melakukan yang terbaik. Anda akan terbiasa menyelesaikan tugas besar yang dibebankan dengan ringan.
Mencari Lingkungan yang kondusif
Perbanyaklah bergaul dengan orang-orang yang memiliki percaya diri tinggi. Sebab, kePDan pun bisa menular.
Banyak bersyukur dan berdoa
Perbanyaklah rasa syukur dan berdoa atas segala hal yang Anda jalani dalam hidup. Nikmati hidup Anda, dan lihatlah hal-hal baik yang telah Anda dapatkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar